Server Online

Server Online
Mari Membangun Negara dengan Ilmu

Senin, 04 Oktober 2010

KARAKTERISTIK STRATEGI BERORIENTASI PASAR


Ada empat karakteristik Strategi Berorientasi pasar yaitu :

1. menjadi orientasi pasar

Sebuah orientasi pasar adalah sebuah perspektif  bisnis yang membuat pelanggan sebagai titik fokus dari total  operasi perusahaan. jadi, berorientasi pada pasar adalah bagaimana sebuah perusahaan menciptakan nilai kepada pelanggan agar seorang pelanggan mendapat satisfaction setelah menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan.

2. Menciptakan Kemampuan yang berbeda

Suatu perusahaan dapat memenangkan persaingan dalam pasaar, perusahaan harus mampu menciptakan suatu hal yang berbeda dengan selalu menciptakan inovasi baru, seperti yang dikatan oleh W Chan Kim dan Renee Maubourgne dalam teori Blue ocean strategy “Jangan bersaing dengan para pesaing, tapi jadikan kompetisi itu sendiri menjadi tidak relevan." maksudnya, ketika bersaing di dunia bisnis jangan menciptakan suatu produk yang sama dengan para pesaing yang lain tetapi ciptakan produk yang baru sehingga persaingan diantara perusahaan menjadi tidak relevan.

3. Kemampuan menciptakan nilai pelanggan

Pelanggan adalah sebuah target utama dalam pasar. jadi, untuk mendapat pelanggan yang setia bagi suatu perusahaan maka perusahaan harus mampu menciptakan suatu nilai (customer value) bagi pelanggan seperti memberikan pelayanan yang baik (service value), selalu memberikan produk yang baru agar seorang pelanggan mendapatkan superior value to customer.

4. Menuju kinerja yang paling baik

Sebuah perusahaan yang berorientasi pasar memulai analisis pasar strategis dengan pandangan menembus pasar dan persaingan. selain itu, sebuah badan perluasan titik penemuan  penelitian untuk hubungan kuat antara orientasi pasar dan kinerja superior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar