1. menjadi orientasi pasar
Sebuah orientasi pasar adalah sebuah perspektif bisnis yang membuat pelanggan sebagai titik fokus dari total operasi perusahaan. jadi, berorientasi pada pasar adalah bagaimana sebuah perusahaan menciptakan nilai kepada pelanggan agar seorang pelanggan mendapat satisfaction setelah menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan.
2. Menciptakan Kemampuan yang berbeda
Suatu perusahaan dapat memenangkan persaingan dalam pasaar, perusahaan harus mampu menciptakan suatu hal yang berbeda dengan selalu menciptakan inovasi baru, seperti yang dikatan oleh W Chan Kim dan Renee Maubourgne dalam teori Blue ocean strategy, “Jangan bersaing dengan para pesaing, tapi jadikan kompetisi itu sendiri menjadi tidak relevan." maksudnya, ketika bersaing di dunia bisnis jangan menciptakan suatu produk yang sama dengan para pesaing yang lain tetapi ciptakan produk yang baru sehingga persaingan diantara perusahaan menjadi tidak relevan.
3. Kemampuan menciptakan nilai pelanggan
Pelanggan adalah sebuah target utama dalam pasar. jadi, untuk mendapat pelanggan yang setia bagi suatu perusahaan maka perusahaan harus mampu menciptakan suatu nilai (customer value) bagi pelanggan seperti memberikan pelayanan yang baik (service value), selalu memberikan produk yang baru agar seorang pelanggan mendapatkan superior value to customer.
4. Menuju kinerja yang paling baik
Sebuah perusahaan yang berorientasi pasar memulai analisis pasar strategis dengan pandangan menembus pasar dan persaingan. selain itu, sebuah badan perluasan titik penemuan penelitian untuk hubungan kuat antara orientasi pasar dan kinerja superior.